Pengenalan Pengaturan/Tutorial Setting Blogger

Hallo para newbi?? walaupun menu pada blogger sudah support dengan bahasa Indonesia, namun kamu masih bingung akan setting pada blogger, semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat ya?? Sedikit saya akan mengulas tentang menu seting pada blogger, mungkin bagi yang sudah paham menu ini bisa menyimak kembali,dan siapa tahu ada yang terlewat dan bisa menambah referensi kita.


Kontrol panel blogger (dashboard)

Halaman Dashboard (panel kontol) adalah halaman menu utama ketika kita login ke blogger. Pada halaman dashboard ini akan tertera semua blog yang sudah kita buat pada account Google, ada beberapa pilihan yang bisa kita gunakan untuk melakukan manajemen blog, ok kita akan langsung mempelajari beberapa kegunaan dari link yang ada pada dashboard..

1. Lihat Profile: Link ini untuk melihat profile yang kita buat.

2. Edit Profile: Sedangkan yang ini untuk mengedit profile kita.

3. Edit Foto: Setting ini untuk menghapus atau mengganti foto yang akan di tampilkan pada profile kita.

4. Bahasa : Kita dapat memilih pilihan bahasa sesuai dengan selera, disini akan berpengaruh pada bahasa di menu setting blog kita.

5. Ciptakan sebuah blog : Merupakan link singkat yang digunakan untuk menciptakan sebuah blog baru.

6. Bantuan : Link ini merupakan pusat bantuan dari help blogger anda bisa mempelajari lebih banyak lagi disini.

7. Posting Baru : Merupakan link singkat menuju halaman posting.

8. Edit Posting : Digunakan untuk mampilkan manajemen dari posting kita.

9. Pengaturan : Pada halaman ini kita dapat melakukan pengaturan atau setting keseluruhan terhadap blog yang kita buat.

10. Tata Letak : Bisa dikatakan sebagai susunan, tataruang atau rancangan keseluruhan dari blog yang akan dibuat.

11. Lihat blog : Link ini digunkanan untuk menampilkan halaman utama blog yang telah kita buat.

12. Sembunyikan: Setting ini untuk menampilkan atau menyembunyikan blog pada halaman panel kontrol/dashboard kita.


Halaman Pengaturan (menu dasar)

Menu basic merupakan menu yang digunakan untuk mengatur beberapa fungsi diantaranya : Judul - Uraian - Tambahkan Blog ke Daftar Kami - Tampilkan Editing Cepat di Blog Anda? - Tampilkan Link Posting Email? - Tampilkan Editing Cepat di Blog Anda? - Delete your blog - Hapus Blog Anda ?.

1. Judul: Berguna untuk masukan atau mengubah judul blog

2. Uraian: Memberikan keterangan atau deskripsi pada bloga

3. Tambahkan Blog ke Daftar Kami: Blog umum muncul di Profil Blogger kita. Jika kita memilih "Tidak" maka blogger tidak akan menayangkan blog Anda di manapun di Blogger.com, tapi akan tetap tersedia di Internet.

4. Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda?: Apabila Anda memilih "Ya" kami akan memasukkan blog Anda ke dalam Google Blog Search dan ping Weblogs.com. Apabila Anda memilih "Tidak", semua orang masih dapat melihat blog Anda namum mesin pencarian tidak akan dapat menjelajahinya.

5. Tampilkan Editing Cepat di Blog Anda: Ketika kita login ke Blogger, pengeditan posting kita dari blog dapat dilakukan secara langsung pada halaman aktif blog.

6. Tampilkan Link Posting Email?: Link email posting akan memungkinkan pengunjung kita dengan mudah mengirimkan posting email dari blog kita ke teman-teman mereka

7. Konten Dewasa: Apabila Ya dipilih, orang yang membuka blog Anda akan melihat pesan peringatan dan akan diminta untuk mengkonfirmasikan bahwa mereka ingin tetap melanjutkan melihat blog Anda.


Setting Global

1. Tampilkan Mode Compose untuk semua blog Anda?: Menambah mode Compose ke Editor Posting. (Juga dikenal sebagai editor wysuwyg ) -> apa yang anda lihat itu yang anda dapatkan.

2. Aktifkan transliterasi?: Menambahkan tombol ke toolbar untuk mengkonversi kata dari Inggris ke bahasa yang dipilih. (Anda dapat mengubah bahasa dalam Editor Kiriman nanti).

4. Klik tombol Simpan Pengaturan . Selesai.

5. Hapus Blog Anda ?: Hati-hati! ini akan menghapus blog yang kita pilih, yakinkan dengan benar apa kita ingin menghapus blog karna semua isi akan hilang dan data tidak dapat dikembalikan


Setting Blog : Tab Publikasi

Pada setting halaman publikasikan terdapat beberapa fasilatas diantaranya :
Alamat Blog*Spot : Dsini kita dapat mengubah nama blog, sebaiknya yakinkan diri kita jika ingin mengubah nama blog yang sudah kita gunakan apalagi nama blog yang sudah lama.


Setting Blog : Tab Format

Setting pada halaman ini merupakan pengaturan terhadap tampilan judul, tanggal dan waktu serta pilihan bahasa yang akan kita gunakan.

Penjelasan Setting Tab format dapat dilihat dibawah ini :

1. Perlihatkan : Kita dapat memilih jumlah posting yang ditampilkan pada halaman utama. Jika Hari terpilih, sebuah batas sampai dengan 999 posting akan dilewati.

2. Format Header Tanggal : Merupakan penamaan tanggal pada header posting, kita dapat memilih sesuai dengan keinginan.

3. Format Tanggal Index Arsip: Merupakan penamaan tanggal pada arsip posting, kita dapat memilih sesuai dengan keinginan.

4. Format Timestamp : Pilihan time atau jam

5. Zona Waktu : Gunakan zona waktu negara kita yaitu Asia/jakarta

6. Bahasa : Pilihan bahasa (pilih bahasa indonesia)

7. Konversi ganti baris : Merupakan pemisahan baris sesuai dengan tag. Apabila dipilih 'Ya', hasil penekanan tombol ENTER di Post Editor akan diganti dengan sebuah tag di dalam blog Anda, dan dua kali penekanan tombol ENTER akan diganti dengan dua tag
. sebaiknya pilih "Ya"

8. Tampilkan Field Judul : Untuk menampilkan baris judul. sebaiknya pilih "ya"

9. Tampilkan Field Link : Fasilitas untuk menampilkan baris link sehingga kita dapat menyisipkan suatu link dibawah judul posting. Pilih "ya"

10. Aktifkan perataan float : Digunakan untuk menyesuaikan align untuk gambar dan text. Catatan: Ijinkan opsi perataan gambar dan teks menggunakan tag

. (Pilih "Tidak" Jika Anda memiliki masalah layout posting.) . sebaiknya pilih "ya"

11. Template Posting : Kita dapat menambahkan sendiri kode html, pada waktu posting baru code ini akan muncul secara otomatis pada editor posting

12. Klik tombol Simpan Pengaturan . Selesai.


Setting Blog : Tab Komentar

1. Komentar: pilih tampilkan, ini agar artikel anda dapat di komentari oleh pengunjung

2. Siapa yang Bisa Berkomentar ?: Pilih Siapa pun - termasuk Pengguna Anonim. Ini di maksudkan agar setiap orang bisa berkomentar tidak terbatas kepada anggota blogspot saja.

3. Default Komentar untuk Posting: pilih Posting baru memiliki komentar.

4. Link balik: Pilih tampilkan. Ini dimaksudkan agar kita mengetahui apabila ada yang memasang link pada artikel kita.

5. Default Link Balik untuk Posting: pilih Posting baru Memiliki Link Balik.

6. Format Timestamp Komentar: pilih format jam yg singkat. Contoh: 8.00 PM.

7. Tampilkan komentar dalam sebuah window popup?: pilih Ya. Supaya ketika di klik oleh pengunjung, halaman blog anda tidak menghilang/tertimpa halaman komntar.

8: Aktifkan moderasi komentar?: pilih Tidak (sebaiknya).

9. Tampilkan verifikasi kata untuk komentar?: pilih Ya. ini di maksudkan agar terhindar dari software robot dengan tujuan melakukan spam.

10. Tampilkan gambar profil dalam komentar?: pilih ya. Supaya gambar komentator yg punya id blogger, dapat menampilkan fotonya.

11. Email Pemberitahuan Komentar: isi dg alamat email anda, ini di maksudkan agar setiap ada yang berkomentar pada artikel anda, anda dapat kiriman email dari blogger.com sebagai pemberitahuan.

12. Klik tombol Simpan Pengaturan . Selesai.


Setting Blog : Tab Arsipkan

1. Frekuensi Arsip: pilih Bulanan.

2. Aktifkan Halaman Posting?: pilih ya.

3. Klik tombol Simpan Pengaturan . Selesai.



Setting Blog : Tab Feed Situs

1. Izinkan Feed Blog: pilih Penuh.

2. Posting URL Pengubahan Arah Feed: di isi dengan alamat feed penggati semisal alamat feed dari feed burner, jika belum punya, di kosongkan saja.

3. Footer Feed Posting ⇒ Silahkan di isi dengan kode iklan yang anda punya, misal kode iklan dari Google adsense dsb, namun jika tidak punya, silahkan kosongkan saja.

4. Klik tombol Simpan Pengaturan . Selesai.

Sumber: o-om.com dan kolom-tutorial.blogspot.com

2 comments:

  1. Thx, infox ni bermanfaat banget buat sy yg bru coba2 bikin blog..

    ReplyDelete
  2. Mo nxk lg nh, cara menampilkn bener iklan seperti pux x,yg d pojok atas knan gmn??

    ReplyDelete

Pages