3D Motion Graphic

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan poster dari teman MGMP lain Kota mengenai pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi kompetensi dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) P3 Kota Semarang yaitu Anemedia. Dalam Poster disebutkan pelatihan dan sertifikasi animasi dan tidak disebutkan jenis dari skema atau pelatihan yang akan dilaksanakan. Langsung saja menuju link konfirmasi pendaftaran yang tertera diposter dan menuju ke proses pendaftaran. Dalam proses pendaftaran terdapat jenis skema yang akan diujikan kurang lebih ada 3 yaitu :

  1. 3D Ilustration Artist;
  2. 3D Motion Graphic;
  3. 3D Low Poly Modelling
Kemudian seperti biasa saya menawarkan juga ke teman-teman yang lain untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi tersebut dengan harapan bisa berangkat bersama. Alhasil hanya saya yang lolos sebagai peserta panggilan saat itu, ada satu teman yang menjadi peserta panggilan susulan tetapi akhirnya mengurungkan diri karena sesuatu hal.

Berangkatlah saya dengan teman baru dari Magetan yaitu SMK N Poncol bernama Bp. Herwin. Dalam perjalanan kita saling bertukar cerita mengenai cara mengajar dan kesibukan masing-masing di SMK kita. Perjalanan melewati Tol Solo - Salatiga (tingkir) lalu melalui kopeng, pemandangan saat itu begitu indah dengan cuaca yang mendukung kami melihat gunung merapi dan merbabu menjulang gagah ke langit dengan memamerkan pesonanya. Kami sempat berhenti di daerah puncak tepatnya kopeng pada area pom bensin dan sedikit memotret keindahan alam tersebut. Kemudian kami lanjutkan perjalanan menuju Magelang, berselang kurang lebih 30 menit sampailah kami di kota Magelang dan langsung buka HP menghidupkan ponsel menuju Hotel Safira Magelang. 

Lokasi hotel berada tepat di Asrama Militer TNI AD, sehingga memberi kesan seolah olah penuh dengan kemiliteran. setiap pagi dan sore kami selalu mendengar suara terompet penaikan dan penurunan bendera sebelum upacara dimulai.

2 hari di Hotel Safira Magelang kami melaksanakan pelatihan pembuatan model dan animasi sesuai skema masing-masing dengan instruktur Bp. Doni (8 Mata Animasi) dan Bp. Novi (Dosen UDINUS Semarang) 2 hari kami jalani sampai dengan pukul 21.00 dan segera kami beristrirahat terkecuali ada juga teman kami yang masih berada di tempat pelatihan karena mengerjakan latihan yang belum usai. Karena kami berdua berasal dari Guru Multimedia dan sudah mengenal basic dari materi yang diberikan jelas kami lebih dulu menuju kamar masing-masing untuk mandi dan beristirahat.

2 hari berikutnya kami mengalami perpindahan hotel ke The Oxalis Hotel Magelang untuk melaksanakan Uji Kompetensi dari skea yang kami ambil dan sudah diberikan pelatihan. Hari ketiga kami melaksanakan pembukaan Uji Kompetensi meskipun dihari pertama sudah melaksanakan pembukaan tetapi pembukaan kali ini untuk Uji Kompetensi Sertifikasi dari BNSP. Pengisian APL 01 dilaksanakan pada hari tersebut sekaligus mengisi jawaban yang diberikan oleh Asesor dari LSP Animedia. Asesor rata rata menjadi Dosen disebuah Kampus dan yang jelas minimal bergelar S2. Setelah sore selesai kita segera cek in kembali untuk mendapatkan kunci amar dan beristirahat bagi yang sudah selesai melaksanakan asesmen.

Malam sebelum uji praktek kami melaksanakan pembelajaran sesuai latihan yang diberikan waktu pelatihan sebelumnya, saat itu saya mengulang sampai 3 kali sehingga saya rasa saya sudah hafal langkahnya dan menguasai dari masing - masing tool yang digunakan. Setelah itu ssaya beristirahat dengan nyaman dan tepat jam 04.00 WIB siring waker HP berbunyi bangun langsung mandi Pagi dan solat kemudian mengulang sekali mengenai praktek yang diberikan.

Setelah selesai sarapan pagi segera menuju ruangan dan mempersiapkan segala sesuatunya. Deg-degan menunggu Asesor datang, dan menunggu soal praktek yang akan diberikan. Alhamdulillah soal praktek yang diberikan tidak jauh dari pelatihan sebelumnya hanya dengan sedikit modifikasi dan tambahan tampilan serta durasi nya pun lebih pendek.

Dengan sigap dan secepat mungkin saya selesaikan (karena sudah mengulang berkali-kali) sehingga hafal langkah-langkahnya. Tak terasa 48 menit selesai sudah dan sudah terender sempurna, secara tidak sengaja Mas Asesor datang (karena masih muda) dan melakukan pengecekan ada beberapa tampilan yang sedikit agar dirubah. Mungkin saat itu akan mengecek apakah benar dikerjakan sendiri. Langsung saja saya selesaikans esuai permintaan Asesor dalam waktu 18 menit selesai dan sudah terender. Setelah selesai dicek oleh asesor dinyatakan selesai dan cukup tinggal menunggu waktu wawancara.

Dalam wawancara hanya ditanyakan sedikit mengenai materi dan latar belakang pekerjaan saya di sekolah. 5 menit sudah berlalu dan yang di tunggu tunggu ahirnya keluar "BAPAK SAYA NYATAKAN KOMPETEN" plong dan lega rasanya.

Karena kegiatan selesai pada sore hari (kurang lebih 17.30) maka kami memutuskan untuk tetap singgah di hotel dan merencanakan kepulangan esok paginya. Pada malam hari karena sudah longgar kami menyempatkan berjalan-jalan di alun-alun Magelang dan berhenti di kuliner tengah alun-alun menikmati pempek sambil melihat orang berlalu lalang. Keesokan paginya setelah selesai sarapan tepatnya pukul 07.00 kami meluncur kembali kerumah.


No comments:

Post a Comment

Pages