Membuat Buku Tamu Sederhana

Kali ini membuat tutorial buku tamu sederhana. Permintaan ini dari seseorang yang kemarin memohon kepada saya untuk tutorial membuat buku tamu. Buku tamu kali ini bukanlah untuk acara mantenan atau arisan tetapi buku tamu yang akan dipasang diweb. Buku tamu harus diverifikasi oleh admin terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Tampilan awal dari bukku tamu adalah sebagai beikut :

Ini adalah tampilan awal dari pengisian buku tamu. File Halaman ini bernama bktm.php. Fungsinya untuk memasukkan data bagi pengunjung ke dalam website. Pengunjung bisa memasukkan data nama, email dan pesan yang akan disampaikan kepada pengelola atau pemilik website.

















Gambar disamping adalah Lihat buku tamu yang berada di Admin. Sehingga Admin berhak atas Menghapus Buku TAmu yang Ada. MEnampilkan atau tidak menampilkan buku tamu jika dirasa memang perlu. Hal ini dikarenakan untuk mencegah seseorang yang bertingkah jahil atau mengiri kata kata kotor kedalam buku tamu kita.








Gambar disamping adalah tampilan buku tamu yang sudah diverifikasi oleh admin dan bisa dipajang dihalaman web sehingga semua bisa melihat bagi yang tidak terpajang mungkin dianggap kurang pantas oleh adminnya. Anda bisa mencoba tutorial ini dan silahkan dimodifikasi sesuka anda. Untuk Mendapatkan Source code webnya silahkan klik disini, kemudian untuk databasenya silahkan klik disini. semoga bermanfaat.








17 comments:

  1. Mantap...ini keren Bos
    lumayan buat nambah widget

    ReplyDelete
  2. Thanks for this sharing and download

    ReplyDelete
  3. makasih yah mas atas infonya.....
    jangan lupa info selanjutnya yah aq tunggu

    ReplyDelete
  4. aq mau nanya gmana cara memback up data so aq mau ganti template aq tapi dengar2 katanya harus memback up data dulu...
    mang apa tujuannya and apa manfaatnya..
    tolong yah kesediaan waktunnya agar mau membantu dan membagi pengalamannya buat orang bodoh yang membutuhkan bimbingan kamu...
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  5. @ Baka Kelana : Selamat Anda Yang Pertamax
    @ www.katobengke.com : Maksudnya backup di Blogger. Masuk ke Layout --> Edit HTML, Cari Link Download Template Lengkap, Nanti akan ada jendela untuk menyimpan Script Template Anda, Silahkan simpan di komputer. Hal ini bertujuan jika anda memodifikasi Template anda melalui perintah HTML dan mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan keinginan anda. Anda bisa mengembalikan ke tampilan semula dengan cara : Anda klik tombol telusuri/browse kemudian cari file yang tadi anda download lalu klik tombol Unggah/OK. Maka tampilan Blog anda akan kembali seperti semula. Mengamankan yang dimaksud adalah mendowload file template anda (dengan klik tombol Download Template) lalu menyimpan di komputer anda sendiri. Sebagai jaga jaga kalau dalam memodifikasi blogger terjadi kesalahan pada penulisan HTML anda, maka tinggal memanggil file yang di download tadi. Semoga bisa membantu.

    ReplyDelete
  6. pak andi.....

    bagus.....bisa nambah ilmu...

    ReplyDelete
  7. cara nambah animasi, video, gambar di blog gmn Pak?

    ReplyDelete
  8. @allinovita : dari blogger masuk ke penambahan elemen pilih html atau java elemen kemudian pastekan source kodenya disitu (dengan catatan animasi atau gambar harus diupload dulu disalah satu website atau hosting, banyak kan hosting gratis titipin ajaw disana lalu copy URL nya kemudian paste di elemen blog tadi)

    ReplyDelete
  9. Tolong dijelasin cara meletakkan Buku Tamu di blognya gimana?Terima kasih

    ReplyDelete
  10. waw..sederhana namun sangat membantu!

    ReplyDelete
  11. ada gak cara buat halaman buku tamu di blogger?? mohon bantunnya...

    ReplyDelete
  12. Mau saya coba... Terimakasih infonya Pak...

    ReplyDelete
  13. KK..cara menempelkan di blognya gmnaaa?

    ReplyDelete
  14. Terimakasih infonya Pak,ini yang saya cari. cuma telat saya nemuinnya tapi gpp buat revisi TA aja deh.

    ReplyDelete
  15. nice share sob,di tunggu info2 selanjutnya..

    ReplyDelete

Pages