3.1.a.5. Ruang Kolaborasi - Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

 


Durasi :  4 JP
Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Bacalah kutipan di bawah ini dan tafsirkan maksudnya:

“Sumber berharga yang dimiliki semua guru adalah kesalingtergantungan satu dengan yang lain. Tanpa kolaborasi (kerja bersama), maka pertumbuhan diri kita dibatasi oleh pandangan diri kita masing-masing”

(The most valuable resource that all teachers have is each other. Without collaboration our growth is limited to our own perspectives)
Robert John Meehan

Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan kerja kelompok dan presentasi hasil melalui web meeting. Anda diminta dapat kerja bersama (berkolaborasi), untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadi pemimpin pembelajaran yang bijaksana, cekatan dan mandiri di sekolah/lingkungan masing-masing dalam keterampilan pengambilan keputusan yang memiliki unsur dilema etika. 

Selanjutnya, unggah hasil kerja kelompok (dalam format presentasi) disini, sesuai dengan petunjuk pengiriman hasil yang telah disediakan.

Adapun hasil dari kelompok kami adalah sebagai berikut :

Adapun rubrik yang harus kami penuhi dalam Ruang Kolaborasi ini adalah :

Kualitas isi materi studi kasus pilihan (Bobot: 50%)

Pemilihan studi kasus tidak mengandung unsur dilema etika atau tidak jelas unsur dilema etikanya. Pemilihan paradigma, prinsip dan 9 langkah pengujian kurang tampak atau semua/salah satu tidak ada sama sekali.

1points

Pemilihan studi kasus sudah ada namun unsur dilema etika masih kurang jelas. Pemilihan paradigma/ prinsip dan 9 langkah pengujian tampak, namun belum merupakan suatu kesatuan yang utuh.

1points

Pemilihan studi kasus sudah baik dan mengandung unsur dilema etika; pemilihan paradigma, prinsip serta 9 langkah pengujian tampak dan tersaji dengan baik. Secara keseluruhan penyajiannya runtut dan komprehensif.

3points

Pemilihan studi kasus sangat baik dan tepat, mengandung unsur dilema etika; pemilihan paradigma, prinsip yang dianut serta 9 langkah pengujian telah tampak dan disajikan dengan sangat baik. Ada unsur refleksi dari hasil pengujian yang menarik dan/atau mengandung unsur tak terduga. Penyajiannya utuh, runtut, komprehensif dan mudah diikuti.

4points

Efektivitas penyampaian/penyajian studi kasus (Bobot: 25%)

Penyampaian kelompok masih sangat kurang. Sepertinya kurang persiapan dan tidak terlihat bentuk kerja sama antara anggota kelompok. Hanya 1-2 orang yang dominan berbicara, dan yang lain tampak tidak menguasai materi atau kurang aktif.

1points

Penyampaian kelompok sudah bisa dilakukan, namun tampak belum utuh atau kurang persiapan. Belum tampak kekompakan anggota kelompok dan proyeksi vokal setiap anggota kelompok belum merata, ada yang dominan dan/atau kurang aktif.

2points

Penyampaian kelompok sudah baik. Menggunakan bahasa yang komunikatif, pemilihan kata-kata telah tepat dan tampak ada kerja sama dalam menyajikan materi presentasi. Penyajian secara keseluruhan mudah untuk diikuti.

3points

Penyampaian kelompok sangat baik. Penggunaan bahasa sangat komunikatif, pemilihan kata dan proyeksi vokal setiap anggota tampak harmonis dan kompak. Setiap anggota kelompok tampak berkontribusi dan bertanggung jawab, terlihat dari presentasi materi yang menjadi bagiannya. Penyajian secara keseluruhan sangat menarik untuk diikuti dan penyampaiannya pun mudah dicerna.

4points

Masukan dan/atau Tanggapan 15%

Kelompok tampak sedikit sekali atau tidak sama sekali memberikan masukan konstruktif pada kelompok penyaji. Kelompok tampak tidak tertarik sama sekali pada kelompok penyaji.

1points

Kelompok beberapa kali memberikan tanggapan kepada kelompok penyaji. Sebagian dari anggota kelompok tampak memberikan perhatian kepada kelompok penyaji.

2points

Kelompok aktif memberikan tanggapan konstruktif kepada kelompok penyaji. Sebagian besar anggota kelompok memberikan perhatian kepada kelompok penyaji.

3points

Kelompok sangat aktif dan apresiatif dalam memberikan tanggapan dan/masukan konstruktif kepada kelompok penyaji. Seluruh anggota kelompok tampak menyimak dan memberikan perhatian penuh pada saat kelompok penyaji memberikan presentasi.

4points

Pengaturan Waktu (Bobot: 10%)

Keterampilan pengaturan waktu masih sangat kurang. Waktu yang diberikan tampak tidak dipergunakan dengan efektif.

1points

Keterampilan pengaturan waktu masih belum efektif. Waktu 3-5 belum terpenuhi; batasan waktu melebihi dari waktu yang disepakati.

2points

Baik dalam pengaturan waktu. Waktu penyajian 3-5 menit dipergunakan dengan baik.

3points

Sangat baik dalam pengaturan waktu. Penyampaian materi padat dengan waktu yang sangat efektif. Waktu yang diberikan antara 3-5 menit dipergunakan dengan sangat baik.

4points


No comments:

Post a Comment

Pages