Durasi : 4 JP
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Bacalah kutipan di bawah ini dan tafsirkan maksudnya:
“Sumber berharga yang dimiliki semua guru adalah kesalingtergantungan satu dengan yang lain. Tanpa kolaborasi (kerja bersama), maka pertumbuhan diri kita dibatasi oleh pandangan diri kita masing-masing”
(The most valuable resource that all teachers have is each other. Without collaboration our growth is limited to our own perspectives)
Robert John Meehan
Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan kerja kelompok dan presentasi hasil melalui web meeting. Anda diminta dapat kerja bersama (berkolaborasi), untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadi pemimpin pembelajaran yang bijaksana, cekatan dan mandiri di sekolah/lingkungan masing-masing dalam keterampilan pengambilan keputusan yang memiliki unsur dilema etika.
Selanjutnya, unggah hasil kerja kelompok (dalam format presentasi) disini, sesuai dengan petunjuk pengiriman hasil yang telah disediakan.
Adapun hasil dari kelompok kami adalah sebagai berikut :
Adapun rubrik yang harus kami penuhi dalam Ruang Kolaborasi ini adalah :
Kualitas
isi materi studi kasus pilihan (Bobot: 50%) Pemilihan studi kasus tidak
mengandung unsur dilema etika atau tidak jelas unsur dilema etikanya.
Pemilihan paradigma, prinsip dan 9 langkah pengujian kurang tampak atau
semua/salah satu tidak ada sama sekali. 1points Pemilihan studi kasus sudah ada
namun unsur dilema etika masih kurang jelas. Pemilihan paradigma/ prinsip dan
9 langkah pengujian tampak, namun belum merupakan suatu kesatuan yang utuh. 1points Pemilihan studi kasus sudah
baik dan mengandung unsur dilema etika; pemilihan paradigma, prinsip serta 9
langkah pengujian tampak dan tersaji dengan baik. Secara keseluruhan
penyajiannya runtut dan komprehensif. 3points Pemilihan studi kasus sangat
baik dan tepat, mengandung unsur dilema etika; pemilihan paradigma, prinsip
yang dianut serta 9 langkah pengujian telah tampak dan disajikan dengan
sangat baik. Ada unsur refleksi dari hasil pengujian yang menarik dan/atau
mengandung unsur tak terduga. Penyajiannya utuh, runtut, komprehensif dan
mudah diikuti. 4points Efektivitas
penyampaian/penyajian studi kasus (Bobot: 25%) Penyampaian kelompok masih
sangat kurang. Sepertinya kurang persiapan dan tidak terlihat bentuk kerja
sama antara anggota kelompok. Hanya 1-2 orang yang dominan berbicara, dan
yang lain tampak tidak menguasai materi atau kurang aktif. 1points Penyampaian kelompok sudah bisa
dilakukan, namun tampak belum utuh atau kurang persiapan. Belum tampak
kekompakan anggota kelompok dan proyeksi vokal setiap anggota kelompok belum
merata, ada yang dominan dan/atau kurang aktif. 2points Penyampaian kelompok sudah
baik. Menggunakan bahasa yang komunikatif, pemilihan kata-kata telah tepat
dan tampak ada kerja sama dalam menyajikan materi presentasi. Penyajian
secara keseluruhan mudah untuk diikuti. 3points Penyampaian kelompok sangat
baik. Penggunaan bahasa sangat komunikatif, pemilihan kata dan proyeksi vokal
setiap anggota tampak harmonis dan kompak. Setiap anggota kelompok tampak
berkontribusi dan bertanggung jawab, terlihat dari presentasi materi yang
menjadi bagiannya. Penyajian secara keseluruhan sangat menarik untuk diikuti
dan penyampaiannya pun mudah dicerna. 4points Masukan
dan/atau Tanggapan 15% Kelompok tampak sedikit sekali
atau tidak sama sekali memberikan masukan konstruktif pada kelompok penyaji.
Kelompok tampak tidak tertarik sama sekali pada kelompok penyaji. 1points Kelompok beberapa kali
memberikan tanggapan kepada kelompok penyaji. Sebagian dari anggota kelompok
tampak memberikan perhatian kepada kelompok penyaji. 2points Kelompok aktif memberikan
tanggapan konstruktif kepada kelompok penyaji. Sebagian besar anggota
kelompok memberikan perhatian kepada kelompok penyaji. 3points Kelompok sangat aktif dan
apresiatif dalam memberikan tanggapan dan/masukan konstruktif kepada kelompok
penyaji. Seluruh anggota kelompok tampak menyimak dan memberikan perhatian
penuh pada saat kelompok penyaji memberikan presentasi. 4points Pengaturan
Waktu (Bobot: 10%) Keterampilan pengaturan waktu
masih sangat kurang. Waktu yang diberikan tampak tidak dipergunakan dengan
efektif. 1points Keterampilan pengaturan waktu
masih belum efektif. Waktu 3-5 belum terpenuhi; batasan waktu melebihi dari
waktu yang disepakati. 2points Baik dalam pengaturan waktu.
Waktu penyajian 3-5 menit dipergunakan dengan baik. 3points Sangat baik dalam pengaturan
waktu. Penyampaian materi padat dengan waktu yang sangat efektif. Waktu yang
diberikan antara 3-5 menit dipergunakan dengan sangat baik. 4points
No comments:
Post a Comment