Soal Informatika model AKM

 



Perhatikan soal soal informatika berikut ini dan cobalah untuk menjawab!

Berfikir tentang informatika, berikut ini manakah pernyataan yang kurang tepat?

  1. Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem  komputasi,  serta  prinsip-prinsip  yang  menjadi  dasar  perancangan tersebut
  2. Komputasi adalah  ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan  penggunaan komputer untuk memecahkan masalah-masalah sains 
  3. Berpikir komputasional merupakan suatu  kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning)  mengenai sistem  dan  persoalan 
  4. Windows 1.1 merupakan generasi pertama permodelan komputasi. 
  5. Hp Android merupakan salah satu produk dari ilmu informatika.
Berfikir tentang informatika, berikut ini yang tidak muncul dalam benak kita adalah ...

  1. Cash Register yang berada di dekat kasir.
  2. Mobile Legend android game.
  3. Jam Tangan Digital
  4. Microsoft Office
  5. Microsoft Office
Saat ini kemajuan melalui inovasi dalam sains dan teknologi sangat luar biasa, seperti peningkatan dramatis dalam daya komputasi. Hal ini berkontribusi pada peningkatan bisnis dan masyarakat. Pada saat yang sama, dunia menghadapi tantangan berskala global seperti menipisnya sumber daya alam, pemanasan global, tumbuhnya kesenjangan ekonomi, dan terorisme. Kita hidup di zaman yang penuh ketidakpastian, dengan kompleksitas tumbuh di semua tingkatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memanfaatkan TIK semaksimal mungkin guna mendapatkan pengetahuan baru dan menciptakan nilai-nilai baru untuk membuat hubungan antara “manusia dan benda” dan antara “dunia nyata dan dunia maya” secara efektif dan efisien demi menyelesaikan masalah di masyarakat, menciptakan hidup lebih baik untuk rakyat, dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang sehat. Apa yang perlu disiapkan oleh siswa dalam menghadapi masyarakat 5.0 ?

  1. Siswa perlu memiliki kesiapan dan kemampuan berpikir Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk lebih cepat menghasilkan solusi dalam memenuhi kebutuhannya. Bergerak untuk terus mengali informasi, serta menciptakan inovasi baru guna mempersiapkan kelangsungan hidupnya
  2. Kecerdasan intelektual dan spritual untuk mencapai masyarakat 5.0 
  3. Mempunyai keahlian ganda untuk mempersiapkan kelangsungan hidup. 
  4. Menggali keahlian yang diminati sehingga menjadi profesional dalam bidangnya
  5. Menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada guru, orang tua dan masyarakat sekitar.
Orang  harus pergi ke toko atau ke pasar  untuk berbelanja. Penjual  juga harus  mempunyai bangunan  kios  atau   toko.  Pemilik   toko  mempekerjakan  pegawai   untuk mengurus gudang,  menjadi kasir,  dan  menangani berbagai pekerjaan lain. Pembeli juga harus  membawa uang tunai untuk membayar. Kegiatan masyarakat di atas terjadi pada era masyarakat .... 

  1. Society 1.0
  2. Society 2.0
  3. Society 3.0
  4. Society 4.0
  5. Society 5.0
Orang bisa berbelanja dari rumah, tidak harus  pergi ke mana-mana walaupun tidak ada penjual keliling yang datang. Penjual juga bisa berjualan dari rumah tanpa perlu  memiliki  bangunan kios  atau  toko. Pembeli tidak harus  mengambil uang di bank  untuk membayar barang yang dibelinya karena bisa membayar dengan menggunakan uang digital. Kehidupan masyarakat ini terjadi pada era ?

  1. Society 1.0
  2. Society 2.0
  3. Society 3.0
  4. Society 4.0
  5. Society 5.0
Pada era masyarakat 5.0 dan Industri 4.0, merupakan era tranformasi dan automatisasi, banyak bidang keahlian yang diambil alih oleh komputerisasi, oleh robot yang dapat berkerja dengan baik sesuai dengan alur kerja yang telah diprogramkan. Situasi  ini memudahkan orang  untuk melakukan berbagai kegiatan. Akan tetapi coba pikirkan, bagaimana nasib   para   pekerja  yang   semula   bekerja   sebagai   kasir,   pegawai   gudang, pegawai  yang  melakukan pengepakan barang di pabrik, teller di bank, dan sebagainya? Ada banyak orang  yang  kehilangan pekerjaan karena teknologi mengambil alih  hal-hal  yang  biasa  mereka kerjakan. Di masa  depan, pasti akan  lebih  banyak lagi peran  teknologi dalam  kegiatan manusia. Mungkin juga akan  makin  banyak jenis  pekerjaan yang  hilang, sebagai siswa SMK Negeri 1 Karanganyar harus bagaimana menghadapi ini ?

  1. Berfikir kritis, belajar ilmu komputer karena hampir semua bidang keahlian membutuhkan komputerisasi.
  2. Tetap semangat menghadapi masa depan
  3. Memilih salah satu opsi bidang keahlian untuk life skills
  4. Berfikir kritis belajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
  5. Berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.
Informatika mencakup aspek teoristis dan praktis, mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan (invention)  terkait  komputer  dan  sistem  komputasi.  Kalian   diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami  dunia  nyata,  kemudian  menciptakan  perangkat  keras  dan perangkat lunak  yang  memudahkan kehidupan. Dengan  mengombinasikan dari prinsip, praktik dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian akan   menjadi  kreatif  dan   merasakan  manfaatnya.  Karena   tidak  hanya teoritis, penerapan informatika akan memberikan “surprise”, kejutan karena produknya menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan  berfungsi dengan baik dan dapat digunakan, bahkan dapat memunculkan keindahan (“that is so beautiful”). Beberapa bidang keilmuan informatika yang akan dipelajari oleh Siswa SMKN 1 Karanganyar kelas X adalah : Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan  Komunikasi  (TIK),  Sistem  Komputer (SK),  Jaringan  Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktik Lintas  Bidang    (PLB). Manakah pernyataan berikut ini yang tidak tepat !

  1. Berpikir Komputasional: siswa kelas X akan lebih fokus ke persoalan yang solusinya membutuhkan program komputer, sehingga perlu belajar  tentang strategi penyelesaian persoalan yang  tidak intuitif dan  naif, tetapi yang didasari bagaimana komputasi akan  dilakukan dengan lebih efisien dan optimal.
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian  ini siswa kelas X akan memahami integrasi antar aplikasi, memanfaatkan fitur aplikasi yang lebih advanced (lanjut) dibandingkan fase sebelumnya, dan memanfaatkan fitur otomasi yang tersedia. 
  3. Sistem Komputer: siswa  kelas  X akan  belajar  mengenai perangkat keras komputer dan menengok lebih dalam serta lebih rinci ke dalam setiap komponen komputer dan sistem operasi. Siswa kelas X akan mempelajari lebih rinci bagaimana data dan program disimpan dalam memori, dan bagaimana instruksi diproses.
  4. Analisis Data:  dalam  bagian  ini  siswa  kelas  X akan  belajar  tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume lebih besar dan melakukan analisis  yang lebih kompleks dari fase sebelumnya. Siswa kelas X juga akan belajar bagaimana mengotomasi pengambilan data dari internet. Ingat, bahwa setiap detik, di internet muncul informasi baru. Kita tidak mungkin mengejar pengambilan data jika tidak melakukan otomasi
  5. Algoritma dan  Pemrograman: siswa  kelas  X akan  belajar dampak informatika di berbagai bidang seperti ekonomi, hukum dan keterbukaan informasi. Siswa kelas X juga akan mendapatkan  gambaran dampak informatika  di  berbagai bidang serta karir apa saja yang terbuka di bidang informatika.
Untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan  di era digital, siswa kelas X juga perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter yang baik di dunia nyata maupun dunia digital, karena citra bangsa Indonesia terpapar di dunia  digital  yang  sangat  terbuka akibat kemunculan dan  posting konten orang  Indonesia. Bagi  pelajar  Indonesia, karakter yang  baik  ini  dirumuskan sebagai  profil pelajar  Pancasila, berikut bukan ciri-ciri profil pelajar pancasila...

  1. Berkebhinekaan global,
  2. Mandiri
  3. Bergotong royong
  4. Bernalar Kritis
  5. Kompetitif
Big data  adalah  istilah yang menggambarkan data terstruktur  maupun tidak terstruktur  yang  bervolume besar, yang cepat pertumbuhannya. Data tersebut membanjiri dunia digital karena semakin banyak orang  mengisi  konten lewat  aplikasi,  misalnya berkomunikasi/ bersosialisasi melalui  media  sosial. Big data dapat dianalisis untuk selanjutnya dipakai mengarahkan keputusan seseorang, memberikan rekomendasi, atau  lainnya. Dalam  organisasi dan  bisnis,  big data  dapat dipakai untuk membantu proses  pengambilan keputusan yang strategis dengan menggali halaman web yang dapat diakses oleh publik. Berikut bukan merupakan ciri-ciri Big Data :

  1. Pertumbuhan data cepat
  2. Membutuhkan storage yang besar dan handal
  3. Pertumbuhan melalui Internet of Things
  4. Data mengalir dan tersimpan dalam berbagai macam format
  5. Data/informasi yang mengalir dan tersimpan dapat dipercaya kebenarannya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kecerdasan buatan atau bahasa canggihnya Artificial Intelligence (AI) kini sudah diterapkan di kehidupan sekarang, sadar atau tidak. Contoh sederhana, Google Lens. Google Lens merupakan teknologi pengenalan gambar yang dikembangkan oleh Google, yang dirancang untuk memunculkan informasi yang relevan terkait objek yang diidentifikasi menggunakan analisis visual. Seseorang dapat menggunakan Google Lens ini dengan mengambil gambar baru atau gambar yang sudah tersimpan di ponsel. Hanya tinggal memilih apps Google Lens untuk mengaktifkannya, gambar yang diambil atau sudah ada tadi langsung diteliti oleh Google Lens. Seperti merek atau nama sebuah barang. Google Lens itu salah satu bentuk kecerdasan buatan yang menurut CEO Google Sundar Pichai cukup memberikan orang kemudahan. (https://www.cnbcindonesia.com/profil/20190908023128-41-97841/artificial-intelligence-itu-apa-sih-robot). Semula, kecerdasan buatan hanya dikaitkan dengan robot yang menggantikan peran  manusia. Sekarang, kecerdasan buatan tidak hanya  berkaitan dengan robot. Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) memungkinkan mesin  untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Sebagian   besar  contoh AI yang  kita  dengar dewasa  ini  – mulai  dari komputer yang bermain catur  hingga  mobil tanpa awak (autonomous car) – sangat mengandalkan pembelajaran mendalam dan  pemrosesan bahasa  alami.  Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas- tugas tertentu dengan memproses sejumlah besar data dan mengenali pola dalam data.    Manakah pernyataan dibawah ini yang paling masuk akal sebagai siswa kelas X mengenai hal tersebut di atas ?

  1. Robot bukan manusia, tidak tanggap situasi dan keadaan sosial.
  2. Robot/mesin memang patuh, bekerja sesuai dengan program yang dimasukkan, cerdas dan tingkat kesalahan kecil.
  3. Kecerdasan buatan yang dimiliki robot adalah kecerdasan yang aturkan oleh si pembuat robot, sepandai-pandainya robot, masih pandai si pembuatnya.
  4. Sebagai siswa harus belajar lebih giat, dan lebih baik dari robot, apapun manusia lebih unggul dari robot, karena robot buatan manusia.
  5. Sebagai siswa mengagumi karya-karya orang intelektual yang mampu membuat kecerdasan buatan pada suatu mesin.
Komputer pada saat ini telah masuk pada seluruh sendi kehidupan kalian. Komputer saat ini sangat  terjangkau dan memiliki banyak bentuk. Komputer tidak lagi berbentuk desktop, tetapi juga dapat berbentuk laptop, ponsel pintar, jam  tangan, kacamata, bahkan menyatu dengan beragam benda yang  kita sebut sebagai internet of things. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa  komputer memiliki sejarah  yang  sangat  panjang. Mempelajari sejarah  sangat  penting untuk belajar  dari  masa  lalu.  Belajar tentang keberhasilan dan kegagalan, serta betapa mesin dan teknologi yang ditemukan akan mempercepat   penemuan   mesin-mesin   baru dan komponen-komponen yang lebih tangguh, dengan ukuran yang makin kecil, tetapi kapasitas dan  kinerjanya makin  tinggi. Mesin  komputer juga lahir dari konsep. Apa yang dapat dipetik dari mempelajari sejarah komputer untuk kehidupan masa yang akan datang, kecuali ...

  1. Dapat memahami perkembangan teknologi, dimana setiap harinya teknologi mengalami perubahan yang harus kita sikapi dengan bijak. Jangan sampai kita luput dari perkembangan teknologi atau terbawa arus perkembangan teknologi yang dapat membuat kita menjadi pribadi hedonisme.
  2. Dapat mempelajari pola kehidupan masyarakat yang dapat membuat kita mudah dalam beradaptasi dan mempelajari keadaan masyarakat.
  3. Dapat menemukan media yang eksis dalam masyarakat yang mana dapat menjadi refrerensi bagi kita dalam melihat apa yang diminati masyarakat, informasi seperti apa yang dibaca masyarakat dan sistem desain dan angle seperti apa yang memikat hati masyarakat.
  4. Dapat menjadi rujukan yang tepat bagi kita saat hendak terjun dan membuat media online agar dapat berkontribusi bagi kehidupan yang lebih baik
  5. Dapat mengatasi apabila terjadi jebakan hacker pada alat tehnologi yang kita miliki
Bapak Andi hidup di seberang sungai yang cukup lebar. Hidup dengan bertani dan berternak. Suatu hari Pak Andi ingin menjual Sayur dan Kambing ke Pasar seberang sungai. Pak Andi juga memiliki Harimau yang setiap saat menemani kemanapun. Untuk menjual Sayur dan Kambingnya ke seberang sungai memiliki 1 perahu kecil yang hanya muat 1 item. Tidak dapat membawa dagangannya bersama-sama. Bagaimana mengangkut Sayur dan Kambing dapat sampai di pasar di seberang sungai agar ketiga hal Sayuran, Kambing dan Harimau dapat diseberangkan dengan aman ? Pak Andi harus memutar otak agar Sayuran, Kambing dan Harimau dapat diseberangkan dengan aman, karena jika mengangkut sayur dulu, maka kambing akan dimakan oleh Harimau, ketika mengangkut Harimau dulu maka Sayuran akan dimakan kambing. Pada kasus ini harus dibuat sebuah alur kegiatan penyeberangan. Dalam ilmu informatika dikenal dengan istilah ....

  1. Algoritma
  2. Iterasi
  3. Sorting
  4. Searching
  5. Dekomposisi
Pak Andi ingin mengurutkan kartu angka di bawah dengan cara menyisipkan elemen satu per satu dengan urutan kecil besar atau secara ascending ada berapa proses iterasi yang mungkin dilakukan dengan langkah paling pendek dan paling cepat …? 
 

  1. 4 proses
  2. 5 proses
  3. 6 proses
  4. 7 proses
  5. 8 proses
Di  persimpangan jalan, terdapat lampu  merah. Apabila  lampu  merah menyala,  mobil-mobil  yang  datang  ke  persimpangan  tersebut  harus berhenti dulu. Ketika lampu berubah menjadi hijau, semua mobil perlahan- lahan  berjalan kembali dalam  urutan tertentu, yang paling aman adalah paling depan melaju terlebih dahulu. Dalam computational thinking proses pengurutan data yang tepat dengan menggunakan model .....

  1. Stack
  2. Queue
  3. LIFO (Last In First Out)
  4. Sesuai nomor antrian
  5. Bebas berjalan
Setiap hari Pak Andi mengajarkan putra putrinya mencuci piring dan menumpuk seperti gambar berikut ini, sehingga piring yang terakhir ditumpuk menjadi yang pertama kali diambil dan sebaliknya piring yang pertama ditumpuk menjadi terakhir kali diambil, ilustrasi ini merupakan implementasi dari model ...
 

  1. Stack
  2. Queue
  3. LIFO (Last In First Out)
  4. Sesuai nomor antrian
  5. Bebas berjalan
Teknologi informasi kini tidak ubahnya seperti asisten yang handal, yang dapat melakukan banyak hal di seluruh aktivitas manusia termasuk kegiatan ekonomi. Banyak unit usaha yang memanfaatkan teknologi informasi ini untuk mengembangkan bisnisnya. Sistem informasi yang sebelumnya hanya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi, menunjukkan manfaat yang besar dalam dunia bisnis. Adapun manfaat dari teknologi informatika dalam dunia bisnis adalah :

  1. Membantu proses dan operasi, pengambilan keputusan, dan membentuk strategi untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif
  2. Pelajar dapat dengan mudah untuk memperoleh bahan ilmu pengetahuan untuk mengerjakan tugas makalah, paper, dan sebagainya.
  3. Sebagai bagian dari kemajuan TIK, internet menawarkan perpustakan digital terbesar saat ini yang sangat mudah diakses
  4. Dapat membantu deteksi berbagai macam jenis penyakit cukup melalui internet.
  5. Membantu sistem informasi lembaga pendidikan sehingga proses menajemen kesiswaan semakin mudah dilakukan dan lancar
Setiap hari Pak Andi mengajarkan putra putrinya mencuci piring dan menumpuk seperti gambar berikut ini, sehingga piring yang terakhir ditumpuk menjadi yang pertama kali diambil dan sebaliknya piring yang pertama ditumpuk menjadi terakhir kali diambil, ilustrasi ini merupakan implementasi dari model ...
 

  1. Stack
  2. Queue
  3. LIFO (Last In First Out)
  4. Sesuai nomor antrian
  5. Bebas berjalan
Teknologi informasi kini tidak ubahnya seperti asisten yang handal, yang dapat melakukan banyak hal di seluruh aktivitas manusia termasuk kegiatan ekonomi. Banyak unit usaha yang memanfaatkan teknologi informasi ini untuk mengembangkan bisnisnya. Sistem informasi yang sebelumnya hanya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi, menunjukkan manfaat yang besar dalam dunia bisnis. Adapun manfaat dari teknologi informatika dalam dunia bisnis adalah :

  1. Membantu proses dan operasi, pengambilan keputusan, dan membentuk strategi untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif
  2. Pelajar dapat dengan mudah untuk memperoleh bahan ilmu pengetahuan untuk mengerjakan tugas makalah, paper, dan sebagainya.
  3. Sebagai bagian dari kemajuan TIK, internet menawarkan perpustakan digital terbesar saat ini yang sangat mudah diakses
  4. Dapat membantu deteksi berbagai macam jenis penyakit cukup melalui internet.
  5. Membantu sistem informasi lembaga pendidikan sehingga proses menajemen kesiswaan semakin mudah dilakukan dan lancar
Lisensi perangkat lunak tercakup dalam konsep Hak Kekayaan Intelektual (HaKI), yang diatur dalam  Undang-Undang No. 7 Tahun 1994 tentang Pengesahan WTO (Agreement Establishing The World Trade Organization), dan  lebih  spesiik  lagi pada  Pasal  40 Undang Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta). Istilah HaKI atau Hak atas  Kekayaan Intelektual merupakan terjemahan dari  Intellectual Property Right (IPR), yang memiliki pengertian pemahaman mengenai hak atas kekayaan yang timbul dari kemampuan intelektual manusia, yang mempunyai hubungan dengan hak  seseorang secara  pribadi, yaitu  hak  asasi manusia (human right). HaKI adalah hak eksklusif yang diberikan suatu hukum atau peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Di dalam UU HaKI termaktup : “Lisensi yang memperbolehkan pengguna untuk tidak  hanya  menggunakan  perangkat  lunak  tersebut, tetapi  juga  untuk melihat, mengubah dan mendistribusikan kode sumber program yang digunakan untuk membuat perangkat lunak  tersebut. Dengan menggunakan lisensi   ini,  penulis  perangkat  lunak   dapat  membagikan  kode   program yang  dibuatnya, agar  dapat ditingkatkan oleh  orang   lain  sehingga dapat menimbulkan kolaborasi/kerja sama untuk membangun sebuah perangkat lunak berkualitas yang dapat digunakan oleh khalayak umum secara gratis (tanpa berbayar)”. Hal ini merupakan bentuk dari lisensi ……

  1. Lisensi komersial
  2. Lisensi freeware (Gratis)
  3. Lisensi Open Source
  4. Lisensi Domain Publik
  5. Lisensi Beriklan
Untuk  dapat  memahami  hal-hal  yang  boleh/tidak  boleh  dilakukan terhadap suatu perangkat lunak, kita perlu melihat jenis lisensi apa yang disediakan oleh pembuat perangkat lunak  tersebut. Lisensi  perangkat lunak mencakup izin, hak, dan pembatasan yang diberlakukan atas perangkat lunak, baik  berupa suatu   komponen atau  program berdiri  sendiri. Penggunaan suatu perangkat lunak tanpa lisensi dapat dianggap pelanggaran atas hak eksklusif pemilik menurut hukum hak cipta atau, kadang, paten dan dapat membuat pemilik menuntut pelanggarnya. Dalam suatu lisensi, penerima lisensi  diizinkan  untuk  menggunakan  perangkat  lunak  berlisensi  sesuai dengan persyaratan khusus dalam lisensi. Berikut bukan bentuk lisensi perangkat lunak...

  1. Lisensi komersial
  2. Lisensi freeware (Gratis)
  3. Lisensi Open Source
  4. Lisensi Domain Publik
  5. Lisensi Beriklan

No comments:

Post a Comment

Pages