1.2.a.6 Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 


1.        Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif

2.      Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Nilai yang sudah ada serasa belum maksimal (Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif) dilaksanakan terutama nilai keberpihakan pada murid baru saya ketahui jika keberpihakan harus sesuai dengan kodrat murid. Keberpihakan pada murid Ini merupakan hal baru yang saya pahami dan mulai saya laksanakan.

3.      Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang? 

Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif

4.      Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Mengevaluasi nilai Reflektif perlu dikuatkan karena ini yang belum pernah saya lakukan terhadap kekuatan dan keterbatasan diri sendiri kemudian melakukan aksi perbaikan yang bisa dilakukan belum terlaksana dengan maksimal. Nilai Berpihak Pada Murid juga perlu dikuatkan terutama dalam mengutamakan kepentingan perkembangan murid.

5.      Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Terus belajar melaksanakan nilai dan peran guru penggerak semaksimal mungkin

6.      Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?

Menguatkan peran dan nilai sebagai guru penggerak melalui belajar dan berupaya melakukan peningkatan kompetensi pendagogi, kepribadian, sosial, profesional melalui pelatihan. Meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak baik dalam dan luar sekolah.

7.      Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Semangat dan komitmen dari diri sendiri yang terkadang terkalahkan dengan kegiatan lain sehingga telat mengikuti kegiatan guru penggerak, meski begitu saya akan mengejar ketertinggalan dengan meluangkan waktu untuk mempelajari dan mengerjakan tugas kegiatan Guru Penggerak dengan sebaik-baiknya.


No comments:

Post a Comment

Pages