Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 


Masih dalam rangkaian Calon Guru Penggerak kali ini merupakan materi 1.2.a.9 Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak. Dalam sesi ini terdapat beberapa pertanyaan yang harus saya selesaikan menjawab yaitu :

  1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

  2. Yang saya pahami mengenai nilai dan peran guru penggerak merupakan kompetensi yang harus dimiliki sebagai agen transformasi pendidikan untuk mewujudkan merdeka belajar sehingga peserta didik memiliki karakter berjiwa pancasila. Guru Penggerak harus tergerak secara sadar dan tanpa paksaan menjadi agen perubahan dari pembelajaran, bergerak bergerak melakukan aksi untuk melakukan perubahan pembelajaran dan menggerakkan lingkungan sekitar untuk mewujudkan perubahan pembelajaran. Ada beberapa nilai yang harus melekat pada diri saya sebagai seorang guru penggerak yaitu Mandiri (membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada diri sendiri), Reflektif (saya harus mau membuka diri terhadap pengalaman yang baru diperoleh, lalu melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yang sudah baik, serta apa yang perlu dikembangkan), Kolaboratif (senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah seperti orang tua murid dan komunitas terkait dalam mencapai tujuan pembelajaran), Inovatif (saya harus mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, masalah yang muncul pun juga semakin bervariasi), dan berpihak pada murid (selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama). 

  3. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

  4. Berpihak kepada peserta didik merupakan hal utama yang diajarkan filosofi pendidikan ki hadjar dewantara. Kita harus mengetahui karakter dari peserta didik untuk menentukan sikap dan model pembelajaran yang akan digunakan. Ki Hadjar Dewanatara mengibaratkan bahwa tanaman padi jika ditanam ditanah subur namun tidak dipupuk dan disiram, maka hasil padi tidak akan bagus. Namun apabila tanaman padi ditanam ditanah biasa namun dirawat, diberi pupuk, dan dialiri air secara berkala maka menghasilkan padi kualitas super. Seperti inilah gambaran keadaan murid dengan kemampuan yang biasa menjadi kemampuan yang luar biasa.

  5. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut? 

  6. a. Dengan cara menggali ilmu pengetahuan dan ketrampilan baik mengikuti pendidikan dan latihan, sumber buku maupun internet sebagai penerapan nilai Mandiri dari Guru penggerak.

    b. Melakukan refleksi dan mengevaluasi setiap kegiatan pembelajaran baik yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukan.

    c. Bersama melakukan kolaborasi dengan pimpinan sekolah dan rekan guru di setiap kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid ataupun dengan pakar dari luar sekolah.

    d. Selalu berinovasi dalam memunculkan ide-ide kreatif untuk memecahkan permasalahan yang ada.

    e. Selalu berpusat pada kepentingan perkembangan peserta didik dalam pemberian pelayanan pembelajaran.

  7. a. Keluarga tercinta selalu memberikan dukungan di dalam menjalankan program calon guru penggerak.

    b. Fasilitator dan Pendamping praktik yaitu selalu memberikan bimbingan, arahan dan motivasi di dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi diri terutama pemahanan materi dan memberikan solusi dari permasalahan yang saya alami.

    c. Kepala sekolah yaitu selalu memberikan motivasi dan dorongan untuk selalu melakukan perubahan-perubahan pembelajaran yang berpihak pada murid dan profil pelajar pancasila, serta dukungan dalam setiap proses Guru Penggerak

    d. Rekan sejawat yaitu siap berkolaborasi untuk bergerak bersama di dalam mewujudkan merdeka belajar yaitu pembelajaran yang berpihak pada murid sesuai dengan profil pelajar pancasila.

    e. Peserta Didik yaitu mendukung dan menjadi acuan utama didalam menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid.

No comments:

Post a Comment

Pages