Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak


Kali masih seputar tugas Guru Penggerak mengenai 1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kali ini menyajikan beberapa pertanyaan yang harus saya jawab dari kegiatan Guru Penggerak. Untuk jawabannya saya buat dalam format video beranimasi dengan pengisi suara dari saya sendiri. Video bisa disimak dalam link youtube dibagian bawah. Untuk Skenario dari video bisa dilihat pada halaman berikut:

Assalamu’alaikum Warrahmatullahiwabarakatuh

Perkenalkan saya Andi Saputro, Calon Guru Penggerak Angkatan 4 dari SMK Negeri 1 Karanganyar. Kali ini saya akan menyampaikan Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Yang Pertama Guru Penggerak Seperti Apakah Saya?

Saya seorang guru penggerak dan ingin menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid yaitu yang menitik beratkan pada komponen yang terkait erat dengan pembelajaran sehingga saya mampu berperan sebagai pemimpin yang berorientasi pada murid, dengan memperhatikan segenap aspek pembelajaran yang mendukung tumbuh-kembang murid.

Kemudian, mampu menggerakan komunitas praktisi yaitu berpartisipasi aktif dalam membuat komunitas belajar untuk para rekan guru baik di sekolah maupun wilayahnya melalui MGMP atau forum forum lainnya.

Ketiga menjadi coach bagi guru lain yaitu mendeteksi aspek-aspek yang bisa ditingkatkan dari rekan sejawat, juga mampu merefleksikan hasil pengalamannya sendiri serta guru lain untuk dijadikan poin peningkatan untuk pembelajaran selain itu diharapkan juga bisa memantau perkembangan dari rekan guru lain tersebut.

Keempat mendorong kolaborasi antar guru yaitu memetakan para pemangku kepentingan di sekolah (serta luar sekolah), serta membangun dialog antar para pemangku kepentingan tersebut.

Terakhir saya ingin mewujudkan kepemimpinan murid yaitu dengan mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid disekolah. Membantu para murid untuk mandiri dalam belajar, mampu memunculkan motivasi murid untuk belajar, juga mendidik karakter murid di sekolah.

Hal ini yang selalu berusaha saya lakukan untuk menjadi guru yang kompeten dan terampil mewujudkan pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Pertanyaan kedua Nilai-Nilai apa saja yang harus saya kuasai dimasa depan?

Saya harus menguasai nilai Mandiri yaitu mampu memunculkan motivasi dalam diri sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada diri sendiri. Saya harus termotivasi untuk mengembangkan diri sendiri tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah ataupun dinas serta mendorong diri saya untuk meningkatkan kapabilitas tanpa perlu dorongan dari pihak lain.

Nilai Selanjutnya Reflektif yaitu saya harus mau membuka diri terhadap pengalaman yang baru diperoleh, lalu melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yang sudah baik, serta apa yang perlu dikembangkan. Evaluasi terhadap kekuatan dan keterbatasan diri sendiri, pendapat yang dimiliki oleh diri sendiri setelah itu melakukan aksi perbaikan yang bisa saya dilakukan.

Nilai ketiga Kolaboratif yaitu saya harus senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah seperti orang tua murid dan komunitas terkait dalam mencapai tujuan pembelajaran

Nilai keempat Inovatif yaitu saya harus mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, masalah yang muncul pun juga semakin bervariasi. Untuk bisa mengatasi beragam masalah tersebut, saya perlu jiwa inovatif dari seorang Guru Penggerak, agar bisa datang dengan penyelesaian masalah yang mungkin tidak biasa namun tepat guna.

Nilai kelima Berpihak pada murid selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama.

Pertanyaan terakhir Mengapa nilai-nilai tersebut penting untuk saya?

Penting untuk melaksanakan pembelajaran sesuai filosofi ki hadjar dewantara dengan menyajikan pembelajaran berpusat pada peserta didik serta  mewujudkan profil pelajar pancasila dikalangan peserta didik.

Terimakasih demikian beberapa jawaban yang bisa saya sampaikan,

Wassalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh.

 

 

No comments:

Post a Comment

Pages