Ruang Kolaborasi - Pendidikan yang Memerdekakan Diklat CPP Hari Ke-6

 


Masih bersama dengan Bu Sri Hastuti selaku instruktur Diklat CPP mengawali kegiatan pagi ini dengan berdiskusi secara Google Meet mengenai Pendidikan yang Memerdekakan, 16 orang mengikuti diskusi yang diutarakan dan saling memberikan umpan balik secara langsung ataupun melalui pesan. Sepemahaman saya Pendidikan yang Memerdekakan adalah pendidikan yang tidak mengengkang peserta didik dalam menumbuhkan bakat dan minatnya sesuai yang dimiliki. Dalam hal ini seorang pendidikan tidak bisa memaksakan anak harus menguasai bidang tertentu sesuai yang dikuasai oleh pendidik, tetapi pendidik menuntun peserta didik untuk mencapai kesempurnaan atas bakat yang dimiliki dan minat yang diinginkan. Dari sini mempunyai tujuan agar peserta didik mampu menjalani kehidupan yang baik dan berperan aktif dalam masyarakat.

Hal terpenting dalam prinsip Pendidikan yang memerdekakan jangan memaksakan peserta didik untuk fokus pada hal yang tidak disukai tetapi kita sebagai pendidik harus membantu peserta didik mengembangkan apa yang mereka kuasai dan mereka sukai. ini adalah inti dari kurikulum merdeka yang saat ini dijalankan. Prinsip peserta didik sebagai pusat pendidikan dimana kita sebagai penuntun harus selalu dipegang.

Dalam mencapai pendidikan yang memerdekakan kita harus memegang prinsip berpusat pada peserta didik, hilangkan prinsip bahwa mata pelajaran ini penting mata pelajaran ini yang utama, tetapi beralih ke bagaimana menuntut kodrat peserta didik supaya menjadi lebih baik dalam proses tumbuh kembangnya.



No comments:

Post a Comment

Pages