Moodboard Instagram

sumber adsfort

Instagram menurut wikipedia adalah adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Saat ini banyak fasilitas instagram yang digunakan sebagai media promosi atau mengiklankan baik untuk produk tertentu atau layanan jasa tertentu.

Dalam penyusunan konten diperlukan sebuah konsep yang matang atau sketsa apa yang akan diterapkan sehingga menjadi sebuah konsep yang tertata dan bisa diatur kapan konten tersebut diterbitkan. Hal ini biasa dalam kalangan desain disebut dengan MOODBOARD yang menggambarkan apa yang akan didesain dan dikerjakan kemudian dikoreksi dan ditampilkan. Dalam moodboard inilah nanti ide ide kreatif dimunculkan dan biasanya terdapat tim khusus untuk id kreatif guna meniptakan moodboard. Dalam menetapkan ide tim kreatif juga harus melihat profil dari produk atau jasa yang akan dibuat, pangsa pasar, dan yang paling penting pesaing produk atau jasa tersebut. Maka dari itu tim kreatif perlu banyak wawasan dalam menjelajah dan menggali informasi produk dan jasa yang akan dibuat dalam hal ini biasa kita sebut sebagai klien.

kenapa harus pakai moodboard?

  1. Moodboard bisa dijadikan acuan untuk ditunjukkan ke klien desain yang akan dibuat sehingga terjadi kesepakatan baik dalam warna serta isi dari yang akan dibuat.
  2. Menjadikan acuan seorang desainer dalam mendesain sehingga benar-benar sesuai denagn yang diinginkan dan dalam mendesain tidak membutuhkan waktu untuk memikirkan konsep yang akan dibuat.
  3. Sebagai pengikat kerjasama antara dengan klien akan apa yang akan kita buat karena terjadi kesepakatan diawal sehingga meminimalisir revisi.

Dalam menuliskan moodboard selain logo utama cantumkan juga sosial media lain yang berhubungan atau dimiliki oleh klien serta posisinya dan tentukan warna dasar yang akan digunakan. Jika moodboard diperuntukkan dalam instagram tentukan juga kata-kata atau aption yang akan digunakan, lalu cari hastag yang berhubungan agar memudhakan dalam penarian. Sebagai contoh kita lihat gambar berikut ini.



Terlihat bagian menampilkan sosial media lain dibagian bawah hal inilah yang harus dijaga agar sellau konsisten berada dibagian tersebut, apakah tidka boleh diubah? boleh dalam waktu tertentu bisa disesuaikan.

Pada dasaranya tidak ada aturan baku dalam penulisan moodboard tetapi konsepnya akan lebih baik jika memiliki warna yang konstan dan tetap serta posisi letak informasi yang tidak berpindah pindah sehingga mudah diterima oleh pembaca.


No comments:

Post a Comment

Pages