Refleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran

 


  1. Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yaitu pemikiran kihajar dewantara mengenai pendidikan di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dibanding pembelajaran saat ini sebelum penerapan merdeka mengajar. Konsep yang dibawa menampilkan ke kekhasan pembelajaran sesuai dengan kulturan pendidikan di Indonesia. Penekanan untuk memaksimalkan potensi yang ada pada peserta didik sangat erat dijalankan dalam proses pembelajaran. Konsep yang diberikan dalam pendidikan sesuai untuk pembelajaran pada saat beliau mengajar juga sesuai diterapkan pada generasi saat ini. Konsep inilah yang saat ini banyak dilupakan karena fokus pembelajaran berada hanya pada materi pembelajaran dan terfokus mengejar standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Seharusnya pembelajaran lebih fokus ke bagaimana membentuk manusia yang berkepribadian dan peka terhadap dunia di luar sekolah. 
  2. Kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru dari konsep pembelajaran kihajar dewantara maka saya harus berkekuatan menjadi seorang pendidik dengan mengembangkan potensi yang ada ada peserta didik, memberikan lebih banyak kesempatan berdiskusi kepada peserta didik dalam mengelola atau memecahkan sesuatu. Sehingga peserta didik mampu mengungkapkan gagasan pada suatu topik tertentu, dengan demikian pengetahuan yang didapatkan peserta didik tidak ditanamkan oleh pendidik melainkan diolah dan dipilih oleh peserta didik sendiri. Dengan begitu peserta didik akan lebih mengingat dan lebih memahami akan apa yang sudah dipelajari.
  3. Hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru sesuai konsep kihajar dewantara, yang pertama bahwa tujuan pembelajaran tidak terfokus didalam kelas tetapi mengajak peserta didik lebih mengembangkan potensi yang dimiliki dan menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Misal dalam pembelajaran Desain Komunikasi Visual peserta didik berdiskusi untuk mengenal berbagai profesi dalam bidang Komunikasi Visual yang ada dilingkungan sekitar tempat tinggalnya, sehingga peserta didik mampu menemukan pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan DKV dan lebih memahami pekerjaan yang akan digeluti. Yang kedua menjadi fasilitator dan motivator bagi peserta didik dalam menerapkan trilogi pendidikan "Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani" yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkembang sesuai kodratnya masing-masing. Yang ketiga lebih menekankan pendidikan budi pekerti dan karakter dalam pembelajaran. Penekanan kompetensi sikap yang baik akan membawa dampak untuk komeptensi yang lain baik pengetahuan dan ketrampilan. 
  4. Perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara bahwa saya menyadari bahwa seorang pendidik merupakan teladan bagi peserta didiknya maka saya harus mampu menunjukkan bahwa saya adalah seorang model yang ideal untuk ditiru oleh peserta didik baik dalam perkataan, perbuatan, kejujuran, kecerdasan yang selalu membangkitkan semangat dan kesadaran peserta didik untuk melakukan hal yang serupa.

No comments:

Post a Comment

Pages