Refleksi
Kegiatan Guru Penggerak ini saya tuliskan menggunakan model 4F
(Facts/Peristiwa, Feelings/Perasaan, Findings/Pembelajaran, Future/Penerapan).
Kegiatan dimulai saat informasi pendaftaraan calon guru penggerak angkatan 4
dan melakukan pendaftaran melalui akun simpkb dilanjutukan dengan memulai
seleksi tahap 1 mulai mengisi Curiculum Vitae, Menjawa Soal Esaay dan
mengerjakan tes bakat skolastik. Seleksi tahap 2 mengikuti Simulasi mengjaar
praktik dan mengikuti test wawancara dari penguji dan menunggu waktu pengumuman
kelulusan. Saat mengikuti test wawancara karena kegiatan bentrok dengan
kegiatan yang lain yang sedang diikuti akhirnya saya mengajukan penjadwalan
ulang dan diperbolehkan untuk mengikuti sesi wawancara ulang 3 hari berikutnya.
Setelah pengumuman kelulusan maka ada lokakarya perdana atau lokarkarya 0 (nol)
yang dilaksanakan dihotel kabupaten terdekat pada saat itu saya diundang ke
hotel Lor In Jl. Adi Sucipto no.47 Colomadu mulai pukul 07.30 sampai dengan
16.30 wib pada hari Sabtu tanggal 9 Oktober 2021. Kegiatan diawali dengan
pembukaan lokakarya perdana atau lokakarya 0 (nol), Pemaparan Program Guru
penggerak, mempresentasikan diri dalam sebuah gambar, membuat kesepakatan
bersama, pembagian kelas, mempresentasikan harapan dan kekhawatiran menjadi CGP,
Kegiatan berlanjt pada LMS Paket Modul 1 Sub Modul 1.1 yaitu kegiatan Pre test
pada hari kamis 14 Oktober 2021, diikuti pembukaan kegiatan guru penggerak
angkatan 4 pada hari Jum’at 15 Oktober 2021 dilanjutkan pengenalan vicon
mengenai LMS pada hari Senin 18 Oktober 2021. Kegiatan dilanjutkan dengan
diskusi antara fasilitator dengan kolaborasi rekan rekan CGp dan PP dalam hal
wksplorasi konsep dari hasil refleksi dan mendesain kerangka pembelajaran
sesuai pemikiran KHD dalam konteks budaya lokal yang dilaksanakan secara
virtual pada Selasa 19 Oktober 2021 dengan begitu saya mengerti bahwa gambaran
pendidikan pada zaman KHD menitik beratkan pada kodrat alam dan kodrat zaman yaitu
pentingnya pehamanan karakter dan potensi peserta didik dan pembelajaran yang
menghamba pada anak.
Selama mengikuti
kegiatan CGP yang sudah berlangsung 1 minggu banyak kegiatan yang harus
diselesaikan mulai dari koordinasi dengan rekan 1 kelompok sampai dengan tugas
yang harus diselesaikan pada LMS dan jadwal vicon yang harus diikuti. Mengingat
saat itu berbarengan dengan kegiatan SMK PK akhirnya mengusulkan jika kegiatan
dilaksanakan diluar jam KBM dan alhamdullilah disetujui, sehingga kegiatan CGP
dilaksanakan pada pukul 15.00 sampai dengan selesai sesuai dengan kesepakatan
kelompok, supaya juga bisa melaksanakan tugas belajar mengajar dan tugas
sekolah lainnya.
Melalui eksplorasi konsep bersama instruktur tetang filosofi KHD dan selanjutnya memberi kesempatan kepada saya selaku CGP untuk berdiskusi dan merefleksi diri tentunya sangat membantu dalam pemahaman Modul 1.1.a, Dengan adanya ruang kolaborasi bersama fasilitator mengenai pemikiran KHD dan konsep Pelajar Pancasila. Penyampaian tugas reflektif kritis yang kita lakukan juga dapat membuka pemikiran kita, menambah wawasan tentang konsep pemikiran filosofis. Diskusi dalam kelompok tentang kerangka pembelajaran yang sesuai dengan KHD menjadikan kita lebih memahami tentang profil pelajar pancasila dalam merdeka belajar.
Untuk minggu selanjutnya saya akan lebih meningkatkan semangat mengikuti setiap kegiatan CGP baik vicon ataupun mengerjakan LMS yang sudah disediakan sehingga nantinya saya mampu berkontribusi positif dalam aksi nyata yang dilakukan disekolah. Selain itu penerapan filosofi KHD maupun profil pelajar pancasila dimulai dari lingkungan kelas sekolah maupun bersama teman sejawat.
No comments:
Post a Comment