Jurnal Refleksi Minggu 1

 


Jurnal Refleksi Minggu 1 dalam mengikuti Kegiatan Guru Penggerak Angkatan 4

Refleksi Kegiatan Guru Penggerak ini saya tuliskan menggunakan model 4F (Facts/Peristiwa, Feelings/Perasaan, Findings/Pembelajaran, Future/Penerapan). Kegiatan dimulai saat informasi pendaftaraan calon guru penggerak angkatan 4 dan melakukan pendaftaran melalui akun simpkb dilanjutukan dengan memulai seleksi tahap 1 mulai mengisi Curiculum Vitae, Menjawa Soal Esaay dan mengerjakan tes bakat skolastik. Seleksi tahap 2 mengikuti Simulasi mengjaar praktik dan mengikuti test wawancara dari penguji dan menunggu waktu pengumuman kelulusan. Saat mengikuti test wawancara karena kegiatan bentrok dengan kegiatan yang lain yang sedang diikuti akhirnya saya mengajukan penjadwalan ulang dan diperbolehkan untuk mengikuti sesi wawancara ulang 3 hari berikutnya. Setelah pengumuman kelulusan maka ada lokakarya perdana atau lokarkarya 0 (nol) yang dilaksanakan dihotel kabupaten terdekat pada saat itu saya diundang ke hotel Lor In Jl. Adi Sucipto no.47 Colomadu mulai pukul 07.30 sampai dengan 16.30 wib pada hari Sabtu tanggal 9 Oktober 2021. Kegiatan diawali dengan pembukaan lokakarya perdana atau lokakarya 0 (nol), Pemaparan Program Guru penggerak, mempresentasikan diri dalam sebuah gambar, membuat kesepakatan bersama, pembagian kelas, mempresentasikan harapan dan kekhawatiran menjadi CGP, Kegiatan berlanjt pada LMS Paket Modul 1 Sub Modul 1.1 yaitu kegiatan Pre test pada hari kamis 14 Oktober 2021, diikuti pembukaan kegiatan guru penggerak angkatan 4 pada hari Jum’at 15 Oktober 2021 dilanjutkan pengenalan vicon mengenai LMS pada hari Senin 18 Oktober 2021. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara fasilitator dengan kolaborasi rekan rekan CGp dan PP dalam hal wksplorasi konsep dari hasil refleksi dan mendesain kerangka pembelajaran sesuai pemikiran KHD dalam konteks budaya lokal yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa 19 Oktober 2021 dengan begitu saya mengerti bahwa gambaran pendidikan pada zaman KHD menitik beratkan pada kodrat alam dan kodrat zaman yaitu pentingnya pehamanan karakter dan potensi peserta didik dan pembelajaran yang menghamba pada anak.

Selama mengikuti kegiatan CGP yang sudah berlangsung 1 minggu banyak kegiatan yang harus diselesaikan mulai dari koordinasi dengan rekan 1 kelompok sampai dengan tugas yang harus diselesaikan pada LMS dan jadwal vicon yang harus diikuti. Mengingat saat itu berbarengan dengan kegiatan SMK PK akhirnya mengusulkan jika kegiatan dilaksanakan diluar jam KBM dan alhamdullilah disetujui, sehingga kegiatan CGP dilaksanakan pada pukul 15.00 sampai dengan selesai sesuai dengan kesepakatan kelompok, supaya juga bisa melaksanakan tugas belajar mengajar dan tugas sekolah lainnya.

Melalui eksplorasi konsep bersama instruktur tetang filosofi KHD dan selanjutnya memberi kesempatan kepada saya selaku CGP untuk berdiskusi dan merefleksi diri tentunya sangat membantu dalam pemahaman Modul 1.1.a, Dengan adanya ruang kolaborasi bersama fasilitator mengenai pemikiran KHD dan konsep Pelajar Pancasila. Penyampaian tugas reflektif kritis yang kita lakukan juga dapat membuka pemikiran kita, menambah wawasan tentang konsep pemikiran filosofis. Diskusi dalam kelompok tentang kerangka pembelajaran yang sesuai dengan KHD menjadikan kita lebih memahami tentang profil pelajar pancasila dalam merdeka belajar.

Untuk minggu selanjutnya saya akan lebih meningkatkan semangat mengikuti setiap kegiatan CGP baik vicon ataupun mengerjakan LMS yang sudah disediakan sehingga nantinya saya mampu berkontribusi positif dalam aksi nyata yang dilakukan disekolah. Selain itu penerapan filosofi KHD maupun profil pelajar pancasila dimulai dari lingkungan kelas sekolah maupun bersama teman sejawat.


No comments:

Post a Comment

Pages