Tutorial Membuat Themes Blogspot 2

Struktur Code Blogger Template
Berikut ini adalah struktur Blogger template yang saya ambil dari Template Generik Blogger (Download | Demo) sebagai referensi, tetapi sebenarnya dasarnya adalah sama untuk semua template. Kode tersebut sudah saya bagi menjadi 3 bagian dan hanya saya tampilkan awal baris dari setiap bagian.

Untuk melihat codenya secara detail silahkan download code blogspot tersebut.
Section 1
Header merupakan bagian teratas dalam templates anda disini terletak kode template dan judul blog anda. Dan juga letak ketika anda ingin meletakkan meta tag sebagai informasi website anda agar lebih mudah di indeks oleh search enggine.

Section 2
Ini adalah bagian CSS (Cascading Style Sheet) bahasa web yang digunakan untuk mengontrol template ataupun mempercantik template. Ini adalah bagian yang paling ingin diketahui banyak orang tentang bagaimana memodifikasi template, meskipun disini banyak diperlukan pemrograman web CSS tetapi dengan tingkat kemajuan internet sekarang anda tidak perlu pusing karena internet menyediakan semuanya sehingga hanya sedikit diperlukan pengetahuan untuk mengubah desain bagian ini. Nanti kita akan bahas bagian ini lebih lanjut tetap dalam tutorial ini.

Section 3
Bagian ini adalah bagian Body, merupakan bagian terpenting dari templates anda dikarenakan dibagian inilah konten terpenting dari database blogger anda akan diproses dan diletakkan ketika seseorang sedang melihat blog anda. Bagian ini juga yang akan menunjukkan Header, Footer, SideBar, Post, dan lainnya. Tetapi bagian ini tidak mengatur tampilan website anda karena bagian mengatur tampilan sudah diambil oleh CSS (Section 2)

Pada dasarnya tidak perlu banyak kawatir mengenai bagian ini sama seperti bagian 1. Tapi anda harus mengerti sedikit mengenai bagian ini jika ingin menambahkan widget tambahan yang tidak bisa dimasukkan dengan Add Page Elemen, Seperti tombol Social Bookmarking Digg, AddThis ataupun tombol RSS. Bahkan ketika anda ingin menempatkan kode adsense ditempat khusus (seperti halaman posting) ataupun google analystics untuk melacak pengunjung web anda dan banyak hal lainnya. Suatu saat tersedia instruksi mudah untuk melakukan semua itu di blog anda. Jadi tidak perlu terlalu kawatir pada bagian ini.

No comments:

Post a Comment

Pages